Musrenbangdes tahun 2023 Desa Panggunguni

Selasa, 18 Januari 2022, pukul 09:00 wib

Musyawarah yang lekat dengan opening year adalah musrenbangdes. Musyawarah ini untuk merencanakan pembangunan desa untuk tahun depan, rencana pembagunan berbasis infrastruktur, ekonomi, pemberdayaan, kemasyarakatan dan pembangunan lain demi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas desa.

Yang baru dalam tahun ini adalah adanya musyawarah perempuan, anak dan disabilitas (MUSPADI). Tujuan dari musyawarah tersebut untuk mengidentifikasi masalah pada kelompok perempuan, anak, dan disabilitas yang ada di desa. Peran aktifnya saat ini diperlukan untuk menjunjung tinggi kemakmuran bersama. Setelah menemukan masalah akan diangkat untuk dijadikan bahan musyawarah, hingga pencetusan usulan.

Secara garis besar musrenbangdes tahun 2023 bidang infrastruktur masih mengacu pada jalan poros desa yang semakin memprihatinkan. Kerusakan semakin hari semakin rusak dan perlu perbaikan. Keselamatan berkendara juga menjadi pertimbangan besar dalam pengusulan ini.

Selain itu di bidang ekonomi dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang melimpah, yaitu usulan peternakan dan masih banyak lagi. Muspadi seperti yang dijelaskan di atas juga tidak mau kalah start, forum mengusulkan berbagai pelatihan pengembangan dalam berwirausaha dan peningkatan pengetahuan tentang Kesehatan.

Harapannya usulan-usulan tersebut dapat menjadi pertimbangan matang untuk dapat direalisasikan, atau mungkin ada hal-hal yang tak terduga dan lebih baik untuk kemajuan masayarakat sekaligus Desa Panggunguni.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?