SENAM SEHAT PANGGUNGUNI JAYAA !!!

Menurut Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009), senam adalah suatu bentuk latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual. Sedangkan menurut H. Werner, senam adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.[1]

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa senam merupakan salah satu olahraga yang berupa Ggrakan fisik yang melibatkan kerja motorik dan kerja otak.

Pada lansia, penurunan kemampuan mengingat begitu mendominasi ketika fungsi kognitif menurun. Gejala gangguan fungsi pada kognitif antara lain, gangguan pada memori/daya ingat, kehilangan keterampilan berbahasa dan berhitung, bahkan demensia/pikun. Istilah demensia sering kita dengar yang mengarah ke usia lanjut. Ternyata tidak menutup kemungkinan seseorang di diagnosis demensia jenis Alzheimer sebelum berusia 60 tahun. Fenomena yang biasanya usia 40-50an ini disebut Young Onset Demensia (YOD) atau Early Onset Demensia (EOD). Di usia 20-an, penyebab gangguan memori dan fungsi otak yang tersering bukanlah Alzheimer. Penyebab yang paling umum adalah Functional Cognitive Impairment (FCI).

Perlu diketahui bahwa demensia bukanlah suatu penyakit namun sindrom, yakni suatu kumpulan gejala yang mempengaruhi tugas kognitif dan mental seseorang. Selain secara genetik juga memberikan sumbangsih walaupun sedikit, beberapa gaya hidup untuk meminimalisir gejala ini sejak usia muda begitu disarankan. Gaya hidup itu seperti berolahraga, tidak minum alkohol, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang rendah lemak jenuh dan gula.

Naah, setelah memahami konsep dasar Kesehatan yang mengarah pada pentingnya hidup sehat diatas, ada solusi nih buat pecinta hidup bugar dan sehat..

SENAM SEHAT PANGGUNGUNI….

Senam yang dilaksanakan 3 kali dalam seminggu yang di pelopori oleh Ibu Kepala Desa Panggunguni yang menggandeng instruktur senan ini, dapat menggerakkan berbagai lapisan usia, mulai dari remaja sampai ibu rumah tangga untuk hidup sehat. Selain olahraga, komunikasi sosial yang terjalin dapat memberikan motivasi tersendiri untuk lebih meningkatkan kepedulian secara sosial. Namun dalam suasana pandemi ini begitu diperhatikan untuk menjaga diri dan mematuhi protokol kesehatan. Pembatasan dalam berkerumun menjadikan para pe-senam untuk berolahraga mandiri di rumah. Bukan menjadi hambatan dan halangan untuk tetap sehat walaupun di rumah. 😊 😊😊

“Movement of your body to make you physically and mentally healthy. Because the greatest wealth is personal health.”

Salam sehat dari KAMI, SENAM SEHAT PANGGUNGUNI JAYAA !!!

[1]https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-senam/di akses pada tanggal 21 Desember 2020 pukul 08:58 wib.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?