PENYULUHAN KESEHATAN
BUMIL RESTI DAN PERENCANAAN PERSALINAN – KESEHATAN REPRODUKSI DAN KB PADA PUS

 

 

24 September 2020,

Kematangan secara reproduksi begitu diperlukan pada mereka calon orang tua. Kesiapan secara organ perperan pokok yang sejajar dengan psikologis. Ketika membicarakan kematangan tentunya tidak lepas dari kesehatan reproduksi. Selalu mengontrol dan menjaga-nya diharapkan bisa konsisten setiap waktu. Karena hal ini bisa berakibat fatal di waktu mendatang khususnya jika lahir seorang bayi.
Buku KIA yang menjadi pegangangan bumil hendaknya sebagai buku pedoman utama untuk orang tua (ibu dan ayah). Kemanapun dilakukan kontrol bayi maupun ibunya harus dibawa dan jangan sampai hilang.
Selain itu, perlu diketahui bahwa penggunaan alat kontrasepsi dan sejenisnya, baik digunakan pasca melahirkan yakni 42 hari atau orang jawa bilang selapan. Hal ini sudah menjadi patokan bahwa di hitungan hari itu, kesiapan reproduksi maupun organ sudah siap untuk merespon.
Disamping itu ternyata ada program pemerintah yang sifatnya informasi bagi lingkungan sekitar, yaitu stiker perencanaan persalinan. Stiker tersebut berwarna merah muda yang memuat keterangan nama ibu dan perkiraan waktu persalinan. Stiker tersebut diisi dan ditempel di depan rumah, hendaknya bisa dijangkau oleh mata. Gunanya, supaya orang lain atau tetangga bisa membacanya, agar Ketika butuh bantuan atau sedang urgen kesigapan tetangga dalam menolong bisa segera tersalurkan..

Semoga informasi ini bisa membantu semua elemen masyarakat yang membaca. Jangan lupa untuk memberikan masukan supaya tulisan ini dan selanjutnya bisa lebih baik lagi. Tentunya jangan lupa berikan respon stiker, komen dan share informasi ini.
By admin

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?