MUSDUS DESA PANGGUNGUNI

Musdus Desa Panggunguni

Musyawarah dusun yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk menampung aspirasi masyarakat terhadap kemajuan desa ini begitu dirasakan ketika 2 dusun memenuhi ruang musyawarah beberapa hari yang lalu. Kali ini dusun Tirtosinawang yang opening discussion tahun ini, tepat di hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 yang bertempat di rumah Bapak kasun Tirtosinwang menghasilkan ide-ide baru untuk menginovasi potensi desa Panggunguni ini. Disusul Dusun Panggunguni yakni pada hari Sabtu tanggal 25 Juli 2020 Bapak kasun Panggunguni mengundang masyarakat dusunnya untuk melangsungkan musyawarah tersebut. Tidak hanya dari kalangan RT ataupun RW, namun kaum millennial-pun ikut menyumbangkan suaranya.

Dari segi pekerjaan umum, misalnya pembangunan atau perbaikan jalan masih mendominasi usulan-usulan di kedua dusun tersebut. Namun sangat seimbang ketika supply-supply suara dari kaum milenial itu muncul. Mereka yang tergabung dalam Lembaga kepemudaan (Karangtaruna) begitu semangat untuk mengembangkan dan menggali potensi dari sisi yang berbeda. Usulan-usulan itu seperti pengembangan wisata desa yang secara akumulatif digandengkan dengan pemberdayaan masyarakat dan pemeliharaan dan pengembangan secara sarana dan prasarana Pendidikan umum/keagamaan. Secara SDM yaitu  dari segi kualitas diri terhadap kepedulian masyarakat umum, keluarga dan agama juga menjadi sasaran mereka untuk dikembangkan dan dibina lagi. Hal ini juga didukung oleh kelompok PKK dan Ketua ranting NU Panggunguni. Selain itu, kaum milenial tak mau membuang kesempatan yang sia-sia ketika saat ini perkembangan dunia didominasi oleh internet. Pemaksimalan expose diri dijunjung oleh kaum ini demi desa tercinta.

Usulan-usulan tersebut nantinya akan di saring untuk dijadikan bekal musyawarah desa serta di filter  untuk di RKPDes tahun 2021. Semoga apa yang menjadi rencana masyarakat dapat terealisasikan, walaupun dengan sistem saring dan tahap. Amin

Terus kompak untuk masyarakat desa Panggunguni. 😊

admin

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?