NANDUR KABECIKAN NDANDANI DALAN

KERJA BAKTI MASAL WARGA DESA PANGGUNGUNI

 

kondisi jalan sebelum diperbaiki

Jalan merupakan akses terpenting untuk perlu diperhatikan. Selain berpengaruh pada cepat lambatnya tujuan, keselamatan diri maupun orang disekitar juga penting. Jalan penghubung 2 desa lain kecamatan, yaitu Desa Panggunguni Kecamatan Pucanglaban dan Desa Sukorejo Kulon Kecamatan Kalidawir ini merupakan jalan emas bagi pengguna jalan. Mengapa tidak, hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit saja untuk sampai di antara 2 desa diatas.

 

 

Pengguna jalan sudah mulai tersenyum tenang dengan pembenahan jalan di Dusun Tirtosinawang bagian utara (sendang). Karena tahun 2019 lalu telah dibangun jalan dari swadaya masyarakat baik warga Desa Panggunguni sendiri dan pengguna jalan lain, yangmana kegiatan masal ini didorong oleh semangat pemuda-pemudi dari Karangtaruna “Cakra Remaja” Desa Panggunguni dan pembangunan kedua dari Pemerintah Desa yang didanai Dana Desa tahun 2019. Tidak cukup disitu, kekhawatiran masyarakat sekitar dengan kondisi jalan yang tinggal beberapa meter di area sumber kucur RT 003 RW 002 Dusun Tirtosinawang yang naik terjal dan sangat miris rusaknya, suara masyarakat-pun tersalurkan pada wadah informasi Desa dan kelembagaan Karangtaruna. Yang akhirnya dibuat keputusan untuk dilakukan pembenahan jalan tersebut dengan konsep swadaya masyarakat.

 

 

Keputusan tersebut diambil atas dasar dukungan masyarakat yang paham betul kondisi jalan dan pentingnya keselamatan pengendara. Tepat pada tanggal 19 Februari 2019 sudah terkumpul antara lain:

No Jenis Jumlah
1. Pasir 6 rit
2. Semen 208 zak
3. Uang Rp. 5.000.000,-

 

Sedekah dari masyarakat Desa Panggunguni, Pengguna Jalan dan hamba Alloh lain diatas diolah hingga akhirnya meng-cover jalan yang digarap hingga selesai yang juga mencangkup kebutuhan-kebutuhan pekerja lainnya. Selain itu masyarakat sekitar juga masih membantu untuk konsumsi para pekerja masal. Pekerja masal yang ikhlas meluangkan waktu dan tenaga meraka untuk perbaikan jalan tersebut tanpa upah memberikan kesadaran akan pertingnya gotong royong. Mereka adalah masyarakat sekitar, Karangtaruna, Komunitas Pemuda dan Anak Rantau, RT, RW, Bumdes, BPD dan segala unsur kelembagaan da kemasyarakatan desa.

Semoga dengan adanya perbaikan jalan ini dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara yang melintasi jalur Dusun Tirtosinwang Desa Panggunguni.

 

kondisi jalan sesudah diperbaiki

“mutual cooperation for Indonesian civilized– gotong royong untuk indonesia yang berbudaya”

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?