“PERAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA”

KARANGTARUNA DESA PANGGUNGUNI

 

 

Karangtaruna merupakan wadah bagi pemuda-pemudi mengaktualisaasikan potensi diri, baik dari segi kognisi, afeksi, maupun kreasi hingga inovasi. Kemauan menjadi titik dasar sebelum tujuan tercipta dari masing-masing individu. Dilatarbelakangi dari berbagai perbedaan usia, kepribadian, karakter, dan ekonomi, tidak menjadikan faktor terbentuknya rongga-rongga konflik yang komprehensif. Pondasi dasar diciptakan bersama-sama dalam membangun solidaritas kelompok.

Cakra remaja merupakan nama yang menjadi pilihan pemuda-pemudi desa Panggunguni sebagai wakil nama dari perkumpulan inspiratif kami. Harapan kami sebuah nama tidak hanya sebagai lambang bahwa kami ada, tetapi kami ada karena nama itu hadir ditengah-tengah masyarakat. Atas nama ada, menjadikan kami merasa di adakan oleh mereka yang ada.

Memanjat untuk sampai kepuncak dengan ketekatan individu bukan titik tolak bagi kami, namun bagaimana caranya kita semua bisa tetap bersama-sama sampai puncak dengan saling percaya, saling mendukung dan saling menjaga. Mengontrol komunikasi tetap stabil memang menjadi tugas masing-masing dari kami. Bukan tidak mungkin jika konflik tidak pernah ada. Dengan hadirnya konflik ada rasa syukur yang mengiringi, sebab dengan itu kami sadar dengan cambuk perbedaan itu menjadikan defance mechanism menjadi terolah. Saling memberi kritik dan masukan menjadi makanan kami setiap hari. Walaupun hanya sekedar suguhan segelas kopi hitam, tak menjadi keluhan pada diskusi kami.

Kegiatan demi kegiatan kami mulai, tepat pada tanggal 16 Februari 2020 menjadi pertemuan perdana kami di tahun 2020 ini. Pertemuan yang kami jadwalkan 1 bulan sekali harus kami tunda pada 2 bulan terakhir ini. Dengan tema “Peran masyarakat dalam Pembangunan Desa” menjadi gerbang utama untuk membuka diskusi tersebut. Sejalan dengan itu, ada kritik dan saran dari masyarakat kepada kami terkait hambatan dalam perjalanan masyarakat yang melewati jalur trembesi Dusun Tirtosinawang RT 003 RW 001 yang rusak dan kondisi jalan nanjak, licin dan lumutan. Ditakutkan memakan korban sehingga suara masyarakat mengantarkan usulan ini di tengah-tengah forum Pemeritah Desa dan lembaga lain. Yangmana jalan yang sudah mulai rusak dan perlu perhatian untuk perbaikan sekitar ± 150 meter.

kondisi jalan tanjakan

 

area tanjakan atas

 

Dari hasil rapat Pemerintah Desa diputuskan untuk melakukan perbaikan jalan di area trembesi Dusun Tirtosinawang RT 003 RW 001 dengan teknis swadaya masyarakat. Diskusi kami malam itu mengangkat pos tersebut untuk mengambil langkah baiknya bagaimana. Pada rapat tersebut dihadiri oleh pengurus sekaligus anggota karangtaruna desa Panggunguni dan Ketua Karangtaruna Kecamatan Pucanglaban. Dengan data yang telah terkumpul besaran kontribusi bahan yaitu 205 sak semen, 6 rit pasir dan dana 1 juta lebih. Dana yang sudah diterima sementara ini sebesar 1 juta rupiah. Antusias masyarakat perlu diberikan jempol atas partisipasinya, yangmana bahan tersuplai dari pihak pemerintah desa, kepala desa, perangkat desa, BUMDES, KOMPARA, masyarakat desa Panggunguni dan Masyarakat umum yang melalui jalur tersebut maupun Hamba Alloh diluar itu.

Direncanakan perbaikan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2020 dan waktu tambahan di tanggal 25 Februari 2020 (jika dibutuhkan). Dengan teknis pekerja digilir per-RT dilingkungan tersebut. Dan membuka lebar bagi siapa saja yang ingin bersama-sama memberikan kontribusi berupa tenaga maupun penunjang lainnya. Dengan agenda ini, Pemerintah Desa Panggunguni mempercayakan kepada Karangtaruna sebagai pelaksana, namun tetap dalam pengawasan Pemerintah Desa Panggunguni.

Oleh Sekretaris Umum Karangtaruna “Cakra Remaja” Desa Panggunguni

Untuk perkembangan informasi selalu stay di website kami–

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.