PENGUSAHA BATAKO, GANDENG BUMDES PANGGUNGUNI PRODUKSI PAVING

Seorang pegusaha muda yang tergabung dalam kelembagaan Karangtaruna Desa Panggunguni ini begitu kreatif dalam membaca peluang di desa, siapa lagi kalau bukan Andik Trirowinoto pengusaha cetak batako.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2016 ia tekuni hingga saat ini, ternyata sangat membantu dari segi kebutuhan pribadi maupun kebutuhan sosial. Kenapa tidak, jika dilihat dari kebutuhan warga desa Panggunguni, banyak yang mempercayakan batako untuk bangunannya pada beliau. Kali-kali beliau mampu membaca situasi lingkungan, yangmana beliau menggandeng rekan Karangtaruna dalam membantunya menyelasaikan percetakan tersebut. Selain batako, dengan berjalannya waktu ia mampu merambah dalam percetakan paving polos maupun warna.

Pembuatan batako jika ia tangani sendiri mampu terselesaikan 200 batako per hari. Tetapi jika dibantu per satu orangnya bisa tambah 200 batako. Sedangkan paving jika dikerjakan 2 orang dapat menghasilkan 450 paving kecil dan 350 paving besar. Sehingga berapa orang yang mengerjakan dan jenis apa yag dikerjakan dapat mempengaruhi jumlah hasil. Selain jarak yang mudah dijangkau, harga-pun mampu bersaing dalam lingkup pasar. Harga yang ia bandrol per batakonya Rp. 2.500,- dan paving Rp. 60.000,- sampai Rp. 70.000,- per meternya (tergantung jenis dan warna).

Beberapa jenis batako dan paving sebagai berikut:

  1. Batako standart
  2. Paving segi empat kecil
  3. Paving segi empat besar
  4. Paving wajik besar
  5. Paving segi enam standart

Untuk paving, bisa request warna sesuai permintaan pelanggan.

Begitu besar niat dan tekat pengusaha muda ini untuk menciptakan usaha sendiri dengan penggalian potensi diri. Selain itu, kesempatan kesekian kalinya tidak ia buang sia-sia. Pada tahun 2019 ini iya mampu bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa Panggunguni untuk perkembangan usahanya. Pelebaran sayap antara keduanya, Badan Usaha Milik Desa Panggunguni maupun usaha batakonya sama-sama membutuhkan supported untuk meningkatkan keuntungan setiap bulannya. Sehingga tidak ada yang dirugikan satu sama lain.

Harapannya, sinkronisasi kerjasama ini dapat berkembang dan dapat meningkatkan keuntungan lebih besar daripada sebelumnya. amin

tonton lengkapnya di youtube chanel : https://www.youtube.com/watch?v=36cbPnh6vjE

 

Galeri

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?