SELEKSI MUTASI PERANGKAT DESA

DESA PANGGUNGUNI

 

Seleksi Mutasi Perangkat Desa

Mutasi atau yang sering disebut dengan pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam hal ini mutasi terjadi kedua kalinya di Desa Panggunguni di tahun 2019 ini. Berdasarkan atas kekosongan posisi pada kursi Sekretaris Desa (Carik), dan memungkinkan diadakannya mutasi Perangkat Desa, tepat di tanggal 08 Nopember 2019 telah terkumpul berkas biodata pendaftar mutasi Perangkat Desa di Desa Panggunguni sebanyak 4 orang. Dimana terdapat 2 orang register untuk kursi Sekretaris Desa, dan 2 orang register untuk kursi kosong, yaitu jika diantara 2 orang register Sekretaris Desa tersebut terpilih menjadi Sekretaris Desa maka secara otomatis mengisi kekosongan tersebut. Sehingga pada tanggal 09 Nopember 2019 telah dilaksanakan mutasi Perangkat Desa secara bersamaan dalam pengisian posisi kursi kosong di Pemerintah Desa Panggunguni.

Pelaksanaan seleksi diselenggarakan secara terbuka, dengan menghadirkan pihak Kecamatan sebagai tim juri, BPD Desa Panggunguni, Perangkat Desa Panggunguni, unsur LPM, unsur Karangtaruna, RT, RW, tokoh masyarakat. Kesiapan mulai dari panitia untuk menyiapkan segala aspek perlengkapan dan kelengkapan pada hari H, hingga pada kesiapan register pun untuk lebih fokus pada tupoksi yang akan mereka pilih menjadikan suasana keseriusan menjadi lebih absolut. Disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir saat itu, pelaksanaan seleksi berkas, seleksi wawancara hingga tes IQ secara tersirat terasa semakin mengerucut. Sehingga pada saat itu, tim juri dari pihak Kecamatan yang didampingi oleh panitia mengumumkan hasil nilai secara akumulatif pada hari itu juga setelah jam isoma.

 

Keberlansungan Acara Mutasi

 

Tes Wawancara oleh Tim Juri

Ditetapkan nilai tertinggi sebesar 85 yang terpilih untuk menduduki kursi Sekretaris Desa Panggunguni yaitu atas nama Bapak Wagiman, yangmana dari posisi awal di Bendahara Desa. Disusul Ibu Endang Purwaningsih dari Kaur Umum dan Perencanaan untuk menduduki posisi baru sebagai Bendahara Desa, disusul Bapak Ihsannudin dari Staf Kaur Umum dan Perencanaan yang menduduki kursi baru menjadi Kaur Umum dan Perencanaan serta Bapak Wahyu Eka Prasetya pada kursi Kasi Pemerintahan.

 

Pelantikan : “Pengambilan Sumpah”

 

Dilakukan pelantikan pada Rabu, 13 Nopember 2019 untuk sturkturisasi Pemerintah Desa Pangguguni, yang dihadiri oleh pihak Kecamatan yaitu Camat Pucanglaban, Kasi Pemerintahan  Kasi Kesra, Kasi Trantib, Danramil, Kapolsek atau sering disebut keanggotaan Muspika Kecamatan Pucanglaban. Selain itu, undangan dihadiri juga oleh seluruh Kepala Desa dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Pucanglaban, BABINSA, BABINKAMTIBMAS,  BPD Desa Panggunguni, Perangkat Desa Panggunguni, unsur LPM, unsur Karangtaruna, RT, RW, tokoh masyarakat dan lain sebagainya.

Diharapkan dengan re-strukturisasi jabatan ini bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi khususnya untuk masyarakat Desa Panggunguni dan dapat membawa Desa Panggunguni menjadi pecontoh untuk desa-desa yang lain baik dari aspek SDM, SDA, sosial dan budaya. Amiin

 

 

Hasil Mutasi Perangkat DesaTerpilih bersama Panitia

 

Panitia Mutasi

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?