PAMSIMAS

Sosialisasi di Desa Panggunguni

 

PAMSIMAS

 Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan program yang memfokuskan pada sumber mata air wilayah setempat. Program yang membangun sarana dan prasarana desa/ kelurahan yang berbasis masyarakat ini menjadi program yangmana masyarakat diberikan peran penting dalam mewujudkannya.

Tujuan program PAMSIMAS ini adalah mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga lingkungan/sanitasi, pengelolaan air minum serta merujuk pada tujuan PAMSIMAS III yaitu meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani di wilayah perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan.

Jangka waktu program ini tidak hanya berhenti pada pengajuan dan pembangunan, tetapi juga pada perawatan pasca pembangunan. Dalam hal ini, program PAMSIMAS masuk dalam kategori program jangka panjang. Sehingga perawatan dan swadaya masyarakat serta peran Pemerintah Desa Panggunguni sangat dibutuhkan demi berjalannya program ini hingga pewarisan ke anak cucu.

 

PAMSIMAS bersama masyarakat Desa Panggunguni

 

Harapannya, dengan sosialisasi yang kedua ini Desa Panggunguni mendapatkan kesempatan untuk dapat merasakan program berbasis masyarakat yaitu Penyediaan Air Minum dan Sanitasi. Selain itu pihak-pihak desa maupun masyarakat setempat merespon dengan baik akan teknis program yang disampaikan oleh pendamping. HIPPAM Tirto Mulyo yang mana sebagai penanggungjawab air dan proses penyalurannya, antusias ketika program ini hadir di tengah-tengah Desa Panggunguni.

Semoga …

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?