SUMBER DAYA MANUSIA SEJAK DINI BERSAMA POSYANDU DAN POSKESDES

Mekanisme Lima meja

 

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis dalam pengembangan sumber daya manusia sejak dini.[1] Sedangkan menurut buku panduan dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 mendefinisikan posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.[2]

Hari ini tanggal 07 Oktober 2019 merupakan permulaan minggu bulan Oktober yang istimewa untuk para balita. Bagaimana tidak, kegiatan yang dilaksanakan setiap senin di minggu pertama tiap bulannya menjadikan mereka diistimewakan untuk diberikan pelayanan terpadu yaitu lima meja dari Posyandu PKK Desa Panggunguni dan Pelayanan Imunisasi dari petugas pelaksana PUSKESMAS Pucanglaban. Proses kegiatan di posyandu dikenal dengan istilah lima meja, yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan hasil, imunisasi dan pengobatan, serta konseling / role play. Kader-kader Posyandu yang juga termasuk dalam keanggotaan PKK dan petugas puskesmas yang mengemban tugas pelayanan kepada masyarakat Desa Panggunguni telah membantu para ibu untuk peningkatan kesehatan balitanya.

 

Pelayanan Imunisasi Balita

 

Selain itu, kegiatan kesehatan yang lainnya adalah imunisasi balita. Putri Dwi Lestari, Amd.Keb merupakan Petugas pelaksana dari PUSKESMAS Pucanglaban. Beliau mengatakan bahwa peran imunsasi sangat perlu untuk kebutuhan tumbuh kembang anak. Jika disinkronisasikan dengan Gupte yang dimaksud dengan imunisasi adalah cara memproduksi imunitas aktif buatan untuk melindungi diri melawan penyakit tertentu dengan memasukkan suatu zat kedalam tubuh melalui penyuntikan atau secara oral.[3]sehingga dalam hal ini revitalisasi posyandu sangatlah penting sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

 

Imunisasi, Pengobantan dan Konseling

 

@nofi_ana

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?