Gambar 1. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan saksi tanggal diproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dengan pengibaran Sang Merah Putih yang menjadi simbol bahwa Republik Indonesia terlepas dari tangan penjajah.

Bukan suatu keadaan yang telah selesai dengan simbol tersebut, namun merupakan langkah untuk membangun dan mempersatukan Republik Indonesia menjadi kesatuan yang utuh dari segi sosial, ras, suku, agama serta budaya. Peringatan 17 Agustus merupakan wujud rasa hormat kepada para pejuang tanah air. Hal ini guna mewujudkan sila ketiga Pancasila yaitu “Persatuan Indonesia”. Sehingga anggota Karang taruna dan Pemerintah Desa tergabung dalam panitia PHBN Desa Panggunguni guna mengadakan kegiatan sebagai wujud rasa hormat tersebut bersama seluruh masyarakat Desa Panggunguni dan sekitarnya. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan  pada PHBN 2018 Desa Panggunguni Kecamatan Pucanglaban ini sebagai berikut:

 

NO. TANGGAL KEGIATAN JENIS KEGIATAN
1 31 Agustus 2018 Perlombaan, antara lain:

Tarik Tambang

Makan Kerupuk

Memasukkan Paku dalam Botol

Balap Karung Menggunakan Helm

 

2 02 September 2018 Pagi:

Senam Pagi

Jalan Sehat & Pengundian Kupon Jalan Sehat

Final Perlombaan

Malam:

Pagelaran Pentas Seni

Pemberian Hadiah Lomba

Gambar 2. Lomba Makan Kerupuk

 

Gambar 3. Pentas Seni Musik Orkes Romansa 41 Desa Panggunguni

 

Gambar 4. Pertunjukan Pentas Seni Kentrung
oleh SDN Panggunguni 1 dengan Tema “Sunan Kalijaga”

Kegiatan-kegiatan yang telah terealisasi dalam PHBN 2018 di Desa Panggunguni tersebut memberikan semangat para pemuda-pemudi juga masyarakat untuk menjadikan Desa Panggunguni yang berkemajuan. Diharapkan dengan kebersamaan dan saling kerjasama menjadikan tali persaudaraan menjadi terikat kuat dari keseluruhan masyarakat di Desa Panggunguni. Sehingga kegiatan ini menjadi titik dasar terwujudnya sila ketiga Pancasila yaitu “Persatuan Indonesia”.

Berdasarkan penulisan diatas, diharapkan bagi pembaca untuk memberikan kritik dan saran guna menjadikan penulisan artikel-artikel selanjutnya menjadi lebih baik. Terimakasih.

 

Oleh: Nofiana Wulansari, S.Ag

Blog: @Keyakinan.blogspot

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?